Kemenkeu Mengajar ke-9, Tiga Sekolah di Bangka Tengah Jadi Target Selanjutnya


BANGKA TENGAH -- Sebagai bagian dari upaya memperkenalkan Literasi Keuangan Negara, Kementerian Keuangan ( Kemenkeu ) menggelar kegiatan Kemenkeu Mengajar (KM-9) secara serentak di seluruh Indonesia, Senin (7/10/2024).

Dilansir dari laman Bangkapos.com, Kemenkeu melakukan kegiatan ini di tiga sekolah di Kabupaten Bangka Tengah yang terletak di daerah pedesaan, yaitu SD Negeri 3 Sungaiselan, SD Negeri 16 Sungaiselan, dan SMP Negeri 5 Satu Atap Sungaiselan, yang berada di Desa Tanjungpura, Kecamatan Sungaiselan.

Pada tahun 2024 ini, KM-9 menandai tahun kesembilan penyelenggaraan program tersebut sejak pertama kali dimulai pada 2016. Melalui kegiatan ini, para relawan dari Kemenkeu mengunjungi sekolah-sekolah di seluruh Indonesia untuk berbagi pengetahuan tentang keuangan negara, terutama terkait Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN). 

Materi yang diberikan disesuaikan dengan jenjang pendidikan, mulai dari SD hingga SMA, dan mencakup berbagai topik penting, termasuk peran APBN dalam pembangunan infrastruktur dan proyek strategis nasional, pengenalan profesi di Kemenkeu, serta cerita inspiratif untuk memotivasi siswa dalam belajar.

Perwakilan Kemenkeu, Ade Dharmawan menjelaskan KM-9 bertujuan untuk meningkatkan pemahaman siswa tentang pentingnya literasi keuangan negara.

“Kami berharap melalui kegiatan ini, anak-anak dapat memahami bagaimana APBN berperan dalam meningkatkan kecerdasan, kesehatan, dan kesejahteraan masyarakat, serta mengenal berbagai profesi yang ada di Kementerian Keuangan,” ujarnya dalam rilis, Selasa (8/10/2024).

Kegiatan ini juga mendapat sambutan positif dari berbagai pihak, termasuk Kepala Sekolah SDN 16 Sungaiselan, Ihfandi.

“Kami sangat bersyukur sekolah kami terpilih menjadi bagian dari kolaborasi KM9. Siswa-siswa sangat antusias dan semangat mengikuti pembelajaran hari ini. Semoga kegiatan ini terus berlangsung, terutama di daerah pelosok seperti SDN 16 Sungaiselan,” kata Ihfandi.

Pada 2024, KM-9 melibatkan total 327 sekolah di seluruh Indonesia, terdiri dari 126 SD, 83 SMP, 100 SMA/SMK/MA, 13 SLB, dan 5 Sekolah Indonesia Luar Negeri (SILN). 

Kemenkeu Mengajar diharapkan dapat memberikan manfaat besar, tidak hanya bagi para relawan dan pengajar, tetapi juga bagi para siswa yang memperoleh pengetahuan baru mengenai peran penting keuangan negara dalam kehidupan sehari-hari.

Dengan tema "Peran APBN dalam Mewujudkan Kecerdasan, Kesehatan, dan Kesejahteraan", KM-9 mengajak generasi muda untuk lebih mengenal dan memahami pentingnya pengelolaan keuangan negara dalam pembangunan bangsa. 

Sumber: BANGKAPOS.COM

Previous Post Next Post