Pj Wali Kota Pangkalpinang Instruksikan Seluruh Kelurahan Kelola Website dan Aktif di Media Sosial


PANGKALPINANG -- Penjabat (Pj) Wali Kota Pangkalpinang, Budi Utama, menginstruksikan seluruh kelurahan di kota tersebut untuk mengelola website dengan baik dan aktif di berbagai platform media sosial. 

Langkah ini dinilai penting untuk mendorong keterbukaan informasi serta meningkatkan pelayanan publik kepada masyarakat secara maksimal.

"Semua kelurahan harus melek teknologi. Tidak hanya memiliki website, saya juga ingin kelurahan aktif di media sosial seperti TikTok, Instagram, Facebook, dan lainnya," ujar Budi saat berbicara kepada media, Rabu (18/9/2024).

Budi menekankan bahwa keterbukaan informasi di setiap tingkatan pemerintahan, mulai dari kelurahan hingga Organisasi Perangkat Daerah (OPD), adalah kunci dalam memberikan pelayanan publik yang lebih baik.

Dengan transparansi dan kemudahan akses informasi, masyarakat dapat lebih mudah mendapatkan pelayanan yang dibutuhkan.

"Pak Lurah harus mulai beradaptasi. Teknologi dan media sosial kini menjadi sarana komunikasi yang efektif untuk menjangkau masyarakat luas," tambahnya.

Ia mengakui bahwa masih ada beberapa kelurahan dan OPD yang belum sepenuhnya mengaplikasikan teknologi dalam tugas sehari-hari.

Oleh karena itu, ia mendorong agar semua instansi lebih proaktif dalam memanfaatkan teknologi demi meningkatkan keterbukaan informasi dan pelayanan publik.

Budi juga menekankan bahwa dengan adanya website resmi dan keaktifan di media sosial, masyarakat dapat dengan cepat mengakses informasi mengenai pelayanan publik.

Selain itu, ini juga akan memperkuat komunikasi antara pemerintah dan masyarakat, sehingga keluhan dan aspirasi warga dapat direspons dengan lebih cepat.

"Tujuan utamanya adalah agar masyarakat dapat memperoleh informasi dengan mudah, cepat, dan tepat, sehingga pelayanan publik bisa lebih optimal dan efektif," lanjutnya.

Pemanfaatan teknologi informasi, menurut Budi, tidak hanya sebatas pengelolaan website dan media sosial, tetapi juga bagaimana setiap instansi mampu merespons setiap informasi yang masuk dari warga dengan cepat dan tepat.

"Kita ingin seluruh elemen pemerintahan, mulai dari kelurahan hingga OPD, siap melayani masyarakat dengan teknologi sebagai alat bantu utama. Jangan sampai kita ketinggalan zaman," tegas Budi.

Ia berharap seluruh kelurahan dan OPD di Pangkalpinang segera beradaptasi dengan perkembangan teknologi dan terus berinovasi dalam menciptakan pelayanan berbasis digital untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas dalam tugas sebagai pelayan masyarakat.

"Ini bukan hanya soal website atau media sosial, tapi bagaimana teknologi bisa kita manfaatkan untuk membuat pelayanan publik lebih baik dan transparan. Dengan komitmen kita bersama, hal ini pasti bisa terwujud," tutupnya.

Sumber: BANGKAPOS.COM

Previous Post Next Post