Lewat Program Bawaslu Ngampus, Bawaslu Babel Ajak Mahasiswa Ikut Awasi Tahapan Pilkada


PANGKALPINANG -- Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Bangka Belitung mengadakan beberapa program untuk mengajak para mahasiswa melakukan pengawasan partisipatif dalam Pilkada Serentak 2024.

Salah satunya dengan mengadakan kegiatan bertema Bawaslu Ngampus yang dilakukan dengan menggandeng Universitas Bangka Balitung (UBB), pada Selasa (3/9/2024).

Dilansir dari laman Bangkapos.com, Komisioner Bawaslu Provinsi Bangka Belitung Sahirin menyebutkan, kegiatan yang menjadi bagian dari program Bawaslu RI itu bertujuan untuk mengajak generasi muda untuk mengawasi setiap tahapan Pilkada November mendatang.

"Ini salah satu bentuk pencegahan Bawaslu melalui sosialisasi, kami berharap masyarakat dalam hal ini mahasiswa bisa ikut mengawal proses Pilkada 2024," ujar Sahirin.

Menurutnya, peran serta mahasiswa dibutuhkan untuk turut mengawal sejumlah isu yang berpotensi merusak pesta demokrasi daerah tersebut.

"Misalnya isu sara, isu money politik, netralitas ASN. Jadi memang peran serta mahasiswa untuk menyampaikan potensi-potensi pelanggaran yang ada disekitar mereka," tambahnya.

Tak hanya itu, Sahirin menyebutkan agenda yang dihadiri sekitar 200 mahasiswa UBB itu juga dijadikan ajang untuk melalukan memastikan terpenuhinya hak pemilih pemula dengan masuk dalam data daftar pemilih sementara (DPS).

"Kami juga akan mengecek KTP mahasiswa ini apakah sudah masuk dalam DPS yang saat ini disusun. Kami juga mengenalkan media sosial Bawaslu, agar saat mahasiswa ini kalau tidak berani melaporkan secara langsung, bisa melapor melalui media sosial Bawaslu," tuturnya.

Sumber : BANGKAPOS.COM

Previous Post Next Post