BPJS Ketenagakerjaan Pangkalpinang Targetkan Cakupan Kepesertaan Capai 55 Persen di Tahun 2024


PANGKALPINANG — BPJS Ketenagakerjaan Pangkalpinang menargetkan peningkatan cakupan kepesertaan program jaminan sosial di Provinsi Bangka Belitung (Babel) bisa mencapai 55 persen pada tahun 2024. 

Saat ini, angka cakupan kepesertaan di Babel masih berada pada angka 33 persen.

Meskipun angka tersebut masih terbilang cukup jauh, namun pihak BPJS Ketenagakerjaan optimis bisa mencapai target.

“Target kita tahun ini bisa mencapai 55 persen, meskipun masih ada empat bulan lagi untuk mencapai ini, tidak ada yang tidak mungkin. Prinsipnya program yang baik pasti akan banyak tangan baik yang mau bantu. Bismillah,” ujar Direktur Perencanaan Strategis dan Teknologi Informasi BPJS Ketenagakerjaan, Zainudin usai mengelar audiensi di ruang Sekda Provinsi Babel, Rabu (4/9/2024).

Dalam kunjungan ini Zainudin mengajak pemerintah Provinsi Bangka Belitung untuk bergabung dalam upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui program Jaminan Sosial BPJS Ketenagakerjaan. 

Dia menyebut, saat ini pihaknya fokus menyasar ekosistem desa agar lebih banyak masyarakat di desa mendapatkan perlindungan dari BPJS Ketenagakerjaan.

“Kami melakukan kunjungan ke Babel untuk meningkatkan cakupan, meskipun saat ini baru 33 persen. Fokus kami adalah ekosistem desa. Kami berharap dengan program ini, perlindungan BPJS Ketenagakerjaan bisa menjangkau masyarakat desa yang menjadi mayoritas,” kata Zainudin. 

Dia menuturkan, BPJS Ketenagakerjaan berencana untuk memperkuat branding program ini secara nasional melalui kerja kolaboratif yang dapat menjawab kebutuhan masyarakat.

Kepala BPJS Ketenagakerjaan Pangkalpinang, Abdul Shoheh menjelaskan pihaknya terus gencar melakukan sosialisasi untuk meningkatkan kepedulian para pekerja terhadap pentingnya keselamatan kerja. 

Sosialisasi ini dilakukan langsung ke desa-desa serta melibatkan agen perisai untuk menyampaikan informasi mengenai peran program BPJS Ketenagakerjaan kepada masyarakat.

Hartono, Asisten II bidang Perekonomian dan Pembangunan Provinsi Bangka Belitung, memberikan apresiasi terhadap program BPJS Ketenagakerjaan. 

“Kami sangat mendukung program ini. Kehadiran direktur hari ini menunjukkan kita pemerintah daerah siap mendukung kolaborasi dan implementasi program ini. Kami percaya bahwa program ini akan menjadi langkah penting dalam memenuhi target cakupan kepesertaan dan memberikan solusi bagi masyarakat serta pekerja rentan,” ujar Hartono.

Dengan dukungan dari berbagai pihak, BPJS Ketenagakerjaan Pangkalpinang berharap dapat mencapai target cakupan kepesertaan yang telah ditetapkan dan memberikan manfaat yang maksimal bagi masyarakat di Provinsi Bangka Belitung.

Sumber : BANGKAPOS.COM

Previous Post Next Post