Bagikan Susu dan Telur, Pemerintah Kabupaten Bangka Kerja Keras Turunkan Angka Anak Stunting


BANGKA -  Pemerintah Kabupaten Bangka berhasil membebaskan 120 anak dari status stunting selama 1 tahun belakangan ini.

Sebelumnya jumlah anak stunting di Kabupaten Bangka terdata sebanyak 320 anak.

Dari program-program yang dilakukan pemerintah Kabupaten Bangka selama hampir 1 tahun ini berhasil menurunkan angka stunting.

"Kerja keras dan komitmen bersama di jajaran Pemkab Bangka hinga tingkat desa dalam upaya menangani stunting di Kabupaten Bangka dengan intervensi baik intervensi makanan bergizi, Intervensi kesehatan serta mendorong penghapusan penyebab dan dampak stunting Alhamdulillah menunjukkan keberhasilan dengan terus turunya angka stunting di Kabupaten Bangka," kata M Haris, Rabu (11/9/2024).

Ia mengatakan bersama dengan PJ Ketua PKK Kabupaten Bangka, Farah Diba akan kembali turun ke beberapa wilayah untuk meninjau langsung kegiatan upaya penurunan stunting.

"Hari ini kita kembali turun meninjau langsung kegiatan dalam upaya menurunkan angka Stunting di Desa Mendo dan Desa Labu Air Pandan. Kemarin kita meninjau Desa Paya Benua dan Desa Kemuja besok juga kita masih akan kembali turun semuanya masih di Kecamatan Mendobarat yang memiliki angka stunting paling banyak di Kabupaten Bangka dibandingkan kecamatan lain," kata M Haris.

Dalam kunjungan di desa-desa lokus stunting, M Haris membagikan pembagian pangan keperluan medis (PKMK) anak.

Setiap anak anak yang masih tercatat dalam stunting diberikan berbagai asupan makanan bergizi yang akan digunakan mendorong agar tumbuh kembang anak anak tersebut semakin baik seperti susu dan telur.

"Ini susu dan telurnya kita berikan untuk anak anak stunting untuk kebutuhan selama 1 bulan," kata M Haris .

Tak hanya perhatian terkait asupan gizi pada anak stunting. Pemkab Bangka juga melakukan intervensi kesehatan dengan menurunkan tim kesehatan secara langsung ke desa desa locus stunting.

Tim medis bersama kader posyandu secara teratur memeriksa kesehatan anak anak stunting dan memantau perkembangan tumbuh kembang anak anak stunting.

Perhatian dari Pemkab Bangka ini sangat di apresiasi oleh orang tua yang anak anak masuk kategori stunting.

"Men anak ku ni dulu kecik badan e men kini alhamdulillah la makin nambah berat kek tinggi e. Kami urang kampung ni tebiasa asal anak kenyang la jadilah. Tapi syukur e anak kamk tambah sihat sejak dibantu susu tiap bulan kek telur dan laen e," kata Ifah salah seorang ibu.

Sumber : BANGKAPOS.COM

Previous Post Next Post