Putaran Kedua Vaksin Polio Dimulai, 29.069 Anak di Pangkalpinang Terima Vaksin di Putaran Pertama


PANGKALPINANG -- Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Pangkalpinang mencatat pelaksanaan Pekan Imunisasi Nasional (PIN) Polio putaran pertama hingga kemarin, Minggu (11/8/2024) sudah sebanyak 29.069 anak telah mendapatkan vaksin polio dari total target 31.761 anak. Dengan demikian, masih ada 2.692 anak yang perlu divaksinasi.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Pangkalpinang, dr. Masagus M Hakim, menjelaskan bahwa pelaksanaan PIN Polio putaran pertama melibatkan berbagai langkah strategis untuk memastikan cakupan vaksinasi yang optimal.

"Jadwal sweeping untuk dosis pertama telah berhasil dilaksanakan dari 30 Juli hingga 3 Agustus 2024. Kami terus memantau dan mengevaluasi agar seluruh anak yang belum divaksin dapat segera mendapatkan perlindungan," ujar dr. Hakim kepada Bangkapos.com, Senin (12/8/2024).

Jadwal untuk putaran kedua PIN Polio akan dimulai pada 12 Agustus 2024 dan berlangsung hingga 18 Agustus 2024. Selain itu, pelaksanaan sweeping untuk putaran kedua dijadwalkan dari 19 Agustus hingga 25 Agustus 2024. 

Jika capaian vaksinasi belum mencapai 95 persen, proses sweeping akan terus dilakukan hingga target tercapai dan pelaksanaan PIN Polio berakhir.

"Kami juga akan melaksanakan sweeping dosis kedua dari 13 hingga 17 Agustus 2024 untuk memastikan bahwa semua anak yang belum menerima vaksin dapat terjangkau," tuturnya.

PIN Polio merupakan program penting dalam upaya pencegahan penyakit polio, yang dikenal dapat menyebabkan kelumpuhan permanen pada anak-anak. Program ini bertujuan untuk mengeliminasi risiko polio dan melindungi kesehatan generasi mendatang.

"Kami mengimbau kepada seluruh orang tua untuk membawa anak-anak mereka ke puskesmas terdekat dan memastikan bahwa mereka mendapatkan vaksin polio sesuai jadwal," tambahnya.

Sumber : Bangkapos.com

Previous Post Next Post