Polres Bangka Gelar Rakor Lintas Sektoral Persiapan Pengamanan Pilkada Serentak Tahun 2024


BANGKA -- Polres Bangka menggelar Rakor Lintas Sektoral Kesiapan Operasi Mantap Praja Menumbing 2024 Dalam Rangka Pengamanan Pilkada Serentak Tahun 2024, di Aula Tribrata Polres Bangka, Rabu (7/8/2024).

Melansir dari laman berita daring Bangkapos.com, rapat yang dipimpin oleh Kapolres Bangka AKBP Toni Sarjaka rakor tersebut dihadiri oleh Asisten 1 Setda Thoni Marza, Ketua KPU Bangka Sinarto, Ketua Bawaslu Bangka Sugesti, Forkominda Bangka, perwakilan Lanal Babel, Kodim 0413 Bangka، Kompi B Yon 147 Sungaliat, intansi terkait, PJU dan para Kapolsek dijajaran Polres Bangka 

"Pelaksanaan Pilkada tahun 2024 merupakan sejarah bagi Indonesia dimana dilaksanakan secara serentak di seluruh Indonesia. Pilkada tahun 2024 ini bersifat Nasional dalam bidang keamanan langsung dikomandoi oleh Kepolisian Republik Indonesia. Namun dalam menjaga siatuasi Kamtibmas pada saat Pelaksanaan Pilkada 2024 dan Pasca Pilkada 2024 bukan hanya tanggung jawab TNI - Polri saja dimana semua elemen baik dari Pemerintahan, Masyarakat, Pendukung Paslon dan Partai Politik harus bertanggung jawab," kata Thoni Marza. 

Guna mencegah terjadinya gangguan kamtibmas di Pilkada 2024 harus ada dukungan dari stake holder terkait agar Pilkada di Kab. Bangka berjalan aman dan kondusif.

"Kami minta kepada para ketua Parpol dapat memberikan pemahaman kepada elemen partai dan calon untuk bisa menjaga Kamtibmas Politik selama tahapan Pilkada 2024 berjalan. Bagaimanapun setiap yang menyangkut politik pasti ada kepentingan didalamnya. Namun tetap dengan tujuan untuk mencari pemimpin yang dapat membangun Kabupaten Bangka ke arah yang lebih baik lagi," kata Thoni Marza 

Sementara itu AKBP Toni Sarjaka mengatakan Rakor dilaksanakan untuk mengecek kesiapan pengamanan pelaksanaan Pilkada Gubernur/Wakil, Bupati wakil Tahun 2024.

Diharapkan, semua perencanaan yang telah dipersiapkan dapat berjalan dengan optimal, dalam rangka mensukseskan pengamanan Pilkada Gubernur/Wakil, Bupati/Wakil Tahun 2024 di Kabupaten Bangka.

"Pilkada adalah sarana demokratis untuk menyampaikan aspirasi rakyat dalam rangka membentuk sistem negara yang legitimate dan berkedaulatan rakyat. Oleh karena itu rakor kesiapan Pam Pilkada Gubernur/Wakil, Bupati/Wakil Tahun 2024 yang kita laksanakan saat ini merupakan bagian integral yang tidak terpisahkan dan harus kita sikapi dengan serius, demi terciptanya pelaksanaan pengamanan Pilkada tahun 2024 yang aman tertib dan lancar di wilayah Kabupaten Bangka," kata AKBP Toni Sarjaka. (deddy marjaya)

Sumber : BANGKAPOS.COM

Previous Post Next Post