Kebakaran Lahan Kosong di Mentok Mulai Terjadi, Polres Bangka Barat Ikut Turun Bantu Padamkan Api


BANGKA TENGAH -- 
Personel Polsek Mentok membantu memadamkan kebakaran lahan kosong di pinggir jalan Raya Peltim Lapangan Golf, Desa Belo Laut, Kecamatan Mentok, Kabupaten Bangka barat.

Kebakaran lahan tersebut terjadi pada Selasa (13/8/2024) kemarin dengan luas lahan lebih kurang 1 hektar yang merupakan milik PT Timah.

Kapolres Bangka Barat AKBP Ade Zamrah melalui Kapolsek Mentok Iptu Rusdi, mengatakan anggota ikut turun membantu memadamkan kebakaran lahan.

"Personel Polsek Mentok menghubungi BPBD  Bangka Barat dan Unit damkar PT Timah Tbk Mentok untuk bersama-sama mendatangi lokasi kejadian kebakaran lahan, dengan tujuan memadamkan api yang menyebar," kata Rusdi Rabu (14/8/2024).

Ia menambahkan tim gabungan Polsek Mentok, BPBD Bangka Barat, Unit damkar PT Timah dan unit Damkar Bangka Barat tiba di lokasi dan langsung membantu memadampakan api yang menyebar.

"Setelah berjibaku aapi berhasil dipadamkan oleh tim gabungan dan dapat diketahui jumlah lahan yang terbakar sebanyak kurang lebih 1 hektar," lanjutnya.

Dia menyampaikan, kebakaran lahan kosong terjadi disebabkan oleh faktor manusia seperti pembukaan lahan dengan cara membakar dan membuang puntung sisa rokok secara sembarangan.

Atau faktor alam seperti cuaca kering dan angin kencang.

"Tidak menutup kemungkinan mengingat lokasi kebakaran yang berada di pinggir jalan raya, kebakaran disebabkan oleh aktivitas manusia seperti membuang puntung rokok sembarangan sehingga memicu timbulnya api," terangnya.

Sumber : Biro Humas Kementerian ATR/BPN

Previous Post Next Post