Kemenhub beri apresiasi kepada insan perhubungan penegak hukum


 

"Kita semua berkomitmen untuk terus melakukan berbagai pembenahan dan inovasi, demi terjaganya dunia pelayaran di Indonesia dari pelanggaran hukum, dan insiden pelayaran"

Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan memberikan apresiasi kepada insan perhubungan, yang selama ini berprestasi khususnya di bidang penegakan hukum dan keselamatan pelayaran.

"Pemberian penghargaan ini merupakan pengalaman pertama yang kita lakukan untuk memotivasi para insan Ditjen Hubla dalam meningkatkan pengabdian kepada masyarakat dan negara," kata Direktur Kesatuan Penjagaan Laut dan Pantai (KPLP) Kemenhub Jon Kenedi dalam keterangan di Jakarta, Sabtu.

Hal tersebut disampaikan saat malam apresiasi yang merupakan rangkaian acara Temu Teknis Auditor ISPS Code serta Rapat Kerja Penyusunan Rancangan Pedoman dan Petunjuk Penerimaan Laporan dan Pelimpahan Perkara dari Kementerian/Lembaga/Aparat Penegak Hukum di Yogyakarta, DIY.

Pengabdian tersebut dalam bentuk penegakan hukum di bidang pelayaran, menjaga laut dan pelabuhan agar tercipta keselamatan dan keamanan pelayaran serta terjaganya lingkungan maritim agar dapat dirasakan oleh masyarakat maritim nasional maupun internasional.

Dikatakan, untuk memaknai usia KPLP ke-51 tahun, penghargaan diberikan bagi insan Ditjen Hubla yang telah berkontribusi dalam meningkatkan pelayanan transportasi yang aman, selamat, lancar, dan nyaman dalam memberikan pelayanan dan menghadapi tantangan saat ini dan di masa mendatang pada sektor transportasi laut.

Adapun para insan perhubungan yang menerima penghargaan di bidang penegakan hukum di antaranya Kantor Pangkalan PLP Tanjung Priok, KSOP Kelas II Ternate, Kantor UPP Kelas I Molawe, Kantor UPP Kelas II Babang, Kantor UPP Kelas II Soasio, serta tiga PPNS Terbaik, yakni Abdul Rahim Taha, Harjono Hibali, dan M Alamin Husin, yang menorehkan prestasi atas pelaksanaan penyidikan tindak pidana pelayaran sampai dengan P21 Tahap 2 periode 2023 hingga pertengahan 2024.

Penghargaan bidang keselamatan pelayaran diberikan kepada Sugeng Riyono, Kepala Pangkalan Penjagaan Laut dan Pantai (PLP) Kelas II Tanjung Uban bersama 2 nakhoda kapal KN Sarotama-P.112 dan KN Rantos-P.210, atas prestasinya dalam penanganan insiden kebakaran Kapal MV. Layar Anggun 8 Berbendera Zanzibar pada tanggal 17 April 2024 di sekitar perairan Tanjung Berakit, Kepulauan Riau.

Selain itu, penghargaan juga diberikan kepada tiga auditor ISPS Code Terbaik yaitu Subiantoro, Basri, dan Adi Riawanto, atas prestasinya untuk berpartisipasi aktif di 2023 dalam pengawasan aturan ISPS Code di wilayah kerjanya.

Kemudian, pemberian penghargaan khusus bagi satu insan srikandi Ditjen Hubla yaitu Indang Noerkajati atas prestasinya sebagai salah satu pencetus adanya kegiatan Remote ISPS Code Verification pada kapal dan fasilitas pelabuhan tersebut selama masa Pandemi COVID-19.

"Direktorat Jenderal Perhubungan Laut akan senantiasa mendukung upaya-upaya peningkatan kualitas dan kompetensi insan Ditjen Hubla dalam berkarya di bidang hukum dan keselamatan pelayaran untuk menjaga konektivitas transportasi dan logistik di Indonesia. Kita semua berkomitmen untuk terus melakukan berbagai pembenahan dan inovasi, demi terjaganya dunia pelayaran di Indonesia dari pelanggaran hukum, dan insiden pelayaran," kata Jon.

Sumber: https://www.antaranews.com/

Previous Post Next Post