Memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia atau World Environment Day, jajaran Kanwil BPN Babel dan Kantah Kota Pangkalpinang menjadi bagian kegiatan penanaman 100.000 pohon secara serentak se-Indonesia

Pangkalpinang -- Memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia atau World Environment Day, Kepala Kantor Wilayah BPN Kep. Bangka Belitung, I Made Daging, A.Ptnh., M.H. beserta jajaran dan Kepala Kantor Pertanahan Kota Pangkalpinang, Ali Ridlo, S.T., M.H. beserta jajaran ikut melaksanakan penanaman 100.000 pohon secara serentak se-Indonesia. Kegiatan ini merupakan bagian dari agenda Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) yang berlangsung secara daring dan luring yang berpusat di Komplek Perkantoran Kabupaten Bekasi, Rabu (05/06/2024).

Kegiatan penanaman pohon oleh Kantor Wilayah BPN Kep. Bangka Belitung (Kanwil BPN Babel) dan Kantor Pertanahan Kota Pangkalpinang (Kantah Kota Pangkalpinang) ini bertempat di Pantai Perepat Mati, Jalan Tanjung Bunga, Sinar Bulan, Pangkalpinang. Adapun jumlah pohon yang ditanam sebanyak 400 batang pohon Bakau/Mangrove Rhizopora.

Dalam sambutannya Menteri ATR/Kepala BPN, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) secara daring mengatakan bahwa kegiatan peringatan Hari Lingkungan Hidup ini dilaksanakan sekaligus untuk memberikan manfaat dan kontribusi dalam pelestarian lingkungan.

"Hari ini spesial, setiap tanggal 5 Juni, bangsa-bangsa sedunia memperingati Hari Lingkungan Hidup, World Environment Day dan tentu Indonesia ingin selalu menjadi, bukan hanya sebagai warga dunia yang bertanggung jawab tetapi juga menjadi champion, salah satu juara dalam urusan pelestarian lingkungan hidup. Ini kita galakkan, kita lakukan secara serentak penanaman 100.000 pohon seluruh Indonesia dan ini mudah-mudahan bisa berkontribusi pada lingkungan hidup kita," ujar Menteri AHY.

Atas kontribusi nyata yang dilakukan terhadap lingkungan, ia mengapresiasi kerja keras seluruh jajarannya termasuk Kanwil BPN Babel dan Kantah Kota Pangkalpinang. "Terima kasih atas kerja kerasnya, bukan hanya yang ada di sini tapi di seluruh Indonesia. Saya tahu ini adalah upaya kita bersama di tengah-tengah kesibukan dan kehidupan kita sehari-hari selalu sempatkan untuk melestarikan lingkungan hidup kita," kata Menteri ATR/Kepala BPN.

Penanaman 100.000 pohon kali ini merujuk pada tema besar Hari Lingkungan Hidup Sedunia tahun 2024, yaitu “Land Restoration, Desertification and Drought Resilience" yang artinya berfokus pada restorasi lahan, penggurunan, dan ketahanan terhadap kekeringan. Salah satu bentuk konkret implementasi tema tersebut adalah berpartisipasi dalam kegiatan yang mendukung restorasi lahan, salah satunya penanaman pohon.

Oleh Humas Kantor Pertanahan Kota Pangkalpinang


Previous Post Next Post