Catherine Siswi Bangka Tengah Lolos Paskibraka Nasional di IKN, Bupati Bangga dan Beri Pesan Ini


BANGKA TENGAH -- Catherine, siswi SMKN 2 Koba Bangka Tengah menjadi perwakilan Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Provinsi Bangka Belitung tingkat Nasional.

Siswi kelas 10 ini berhasil lolos usai mengikuti serangkaian seleksi dari tingkat kabupaten hingga nasional.

Dengan ketekunan dan tekad yang kuat, putri pasangan Taslim dan Siu Moi itu akan menjadi satu diantara putra putri yang mengibarkan bendera saat upacara HUT Kemerdekaan RI di ibu Kota Nusantara (IKN).

Bupati Bangka Tengah, Algafry Rahman bangga dengan prestasi yang ditoreh oleh Catherine yang telah mengharumkan nama daerah.

"Alhamdulilah, kami ucapkan selamat kepada Catherine, saya sudah dapat surat dari BPIP bahwa satu orang putri dari Bangka Tengah akan mewakili Paskibraka di IKN," ujar Algafry.

Dia juga terharu karena sudah dua tahun terakhir putra putri Bangka Tengah menjadi perwakilan Paskibraka di tingkat nasional.

Sebelumnya pada tahun 2023, Febri Arwansyah yang merupakan putra dari Bangka Tengah berhasil ke tingkat nasional.

"Haru dan bangga setelah setahun yang lalu putra Bangka Tenga berhasil mewakili Babel di nasional, sekarang Catherine, saya bangga," katanya.

Dia berpesan agar Catherine tetap rendah hati dan menjaga kesehatan serta mendoakan agar sukses menjalankan tugasnya nanti.

"Tetap rendah hati bahwa ini anugera Tuhan yang diberikan ke Catherin dan masyarakat Bangka Tengah di tingkat pusat, harus banyak bersyukur dan tetap menjaga kesehatan untuk persiapan hari puncak," katanya.

Dalam hal ini, pemerintah kabupaten Bangka Tengah akan memberikan pendampingan dan penghargaan kepada Catherine atas capaiannya.

"Selama ini dari pelatihan awal sudah membantu prosesnya dari Kesbangpol, keberangkatan Catherine ini, kita perhatikan tentu harus ada penghargaan, InsyaAllah, saya sudah ingatkan mengenai itu," katanya.

Algafry menilai kolaborasi dan semangat juang dari putra putri dan pendamping menjadi kunci utama keberhasilan ini.

"Alhamdulilah kami punya siswa talenta yang laur biasa dan didampingin pelatih yang ikhlas dan luar biasa, kalau pagi saya joging saya selalu liat mereka betul-betul semangat dalam berlatih, kolaborasi ini semua menghasilkan energi positif," katanya.

Dihubungi terpisah, Kepala Kesbangpol Bangka Tengah, Samsul Komar mengatakan keberhasilan yang dicapai ini buah kerja keras dari seluruh pihak.

"Alhamdulillah, tahun ini Bangka Tengah kembali berhasil mengantarkan salah satu Putri terbaiknya atas nama Catherine. Tentu ini merupakan sebuah kebanggaan untuk kita semua. Apalagi tahun sebelumnya kita juga berhasil mengantarkan Febri Arwansyah.

Keberhasilan ini tentunya hasil kerja keras dan kerja cerdas seluruh Panitia, dan Tim Pelatih, Pihak Sekolah dan para orang tua yg telah turut mendukung keberhasilan ini," kata Samsul Komar.

Selain itu hal ini juga karena dukungan kebijakan Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah melalui Bupati Bangka Tengah yang sejak 2023 begitu antusias mendukung program Paskibraka ini.

Dukungan dari Pemkab. Bangka Tengah dilakukan secara bertahap meliputi;

Pertama, sosialisasi ke Sekolah (SLTA) di Bangka Tengah tentang Program Paskibraka ini.

Kedua, setelah terpilih Calon Paskibraka Tahun 2024 kemudian dilakukan seleksi terhadap Calon Paskibraka yg akan mengikuti seleksi Paskibraka di tingkat provinsi dan tingkat nasional.

Setelah terpilih 8 orang (4 Putra dan 4 Putri), kemudian 8 orang tersebut diberikan Pelatihan selama 8 hari dengan materi Wawasan Kebangsaan, Pengetahuan Umum, Public Speaking, Kesamaptaan, Pemantauan Kesehatan dan  Baris Berbaris.

Kemudian setelah mengikuti seleksi tingkat provinsi terpilih 4 orang (2 Putra dan 2 Putri) Calon Paskibraka untuk mengikuti seleksi Paskibraka tingkat Nasional di Jakarta.

"Catherine salah satu yang terpilih mengikuti seleksi tersebut. Maka kami bersama Panitia dan Tim Pelatih, serta Pihak SMKN 2 Koba memberikan bimbingan dan pelatihan khusus untuk Catherine dengan jenis materi yang hampir sama dengan pelatihan sebelumnya dan ditambah dengan penguatan Public Speaking, Penguatan Bakat dan Minat, dan Penguatan Etika. 

Setelah Catherine terpilih tentunya ada bentuk dukungan lainnya dari Pemkab Bangka Tengah untuk persiapan keberangkatan Cathetine ke Tingkat Nasional," katanya.

Sumber : Bangkapos.com

Previous Post Next Post