Antisipasi Penipuan, Kemenag Babel Imbau Masyarakat Periksa Keabsahan Dokumen Travel Haji dan Umrah

 

Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung ( babel ), mengimbau kepada masyarakat untuk aktif mengecek dokumen resmi dari para travel umrah atau haji khusus.

Hal ini diungkapkan Plt Kepala Kemenag Provinsi Bangka Belitung, Firmantasi guna menghindari adanya penipuan akibat praktik kecurangan agen travel bodong.

"Mengimbau kepada masyarakat untuk waspada dan tidak mudah percaya, dengan tawaran paket murah biaya umrah dan haji khusus. Yang mempunyai niat untuk berangkat umrah maupun haji khusus, pastikan travelnya dan pastikan keabsahan dokumen-dokumen travelnya," kata Firmantasi, Rabu (5/6/2024).

Lebih lanjut Firmantasi mengatakan, hingga saat ini, agen travel umrah dan haji khusus yang telah melapor ke pihaknya kurang dari 100 agen.

"Sementara ini kami belum menerima, terkait laporan penipuan travel umrah maupun haji khusus di Provinsi Bangka Belitung," ucapnya.

Selain itu untuk meningkatkan pengawasan Kemenag Bangka Belitung, meminta seluruh travel umrah dan haji khusus proaktif melapor untuk dilakukan pendataan.

"Kita sering melakukan pembinaan yang travel yang melapor ke Kemenag, artinya kalau melapor itu menjadi catatan kita yaitu pengawasan ada pembinaan," jelasnya.

Sementara itu Firmantasi mengatakan semua agen travel yang ada di Provinsi Bangka Belitung wajib melapor, baik itu agen travel yang pusatnya berada di Jakarta namun mempunyai cabang di wilayahnya.

"Agen umrah maupun haji khusus, baik itu yang pusatnya di Jakarta dan mempunyai cabang disini wajib melapor," ungkapnya. (Bangkapos.com/Rizky Irianda Pahlevy)

Sumber: https://bangka.tribunnews.com/


Previous Post Next Post