Laksanakan Sosialisasi Kegiatan Pendataan dan Pemetaan Bidang Tanah Kota Pangkalpinang, Optimis Capai Kota Pangkalpinang Lengkap Tahun 2024


Lensababel.com, Pangkalpinang - Kepala Kantor Pertanahan Kota Pangkalpinang, Ali Ridlo, S.T., M.H. didampingi Kepala Seksi Survei dan Pemetaan, serta Koordinator Kelompok Subtansi Pengukuran dan Pemetaan Kadastral, bersama Pemerintah Kota Pangkalpinang melaksanakan sosialisasi Kegiatan Pendataan dan Pemetaan Bidang Tanah Kota Pangkalpinang dalam rangka mewujudkan Kota Pangkalpinang Lengkap tahun 2024. Kegiatan ini berlangsung di Operation Room (OR) Kantor Walikota Pangkalpinang, Rabu (22/05/2024).

Peserta yang diundang dalam kegiatan ini adalah seluruh Camat, Lurah dan Ketua RT se-Kota Pangkalpinang serta Technical Support dari Bakeuda Pangkalpinang sehingga total peserta kurang kebih 400 orang. Dengan kapasitas ruangan hanya untuk 200 orang, kegiatan sosialisasi ini dibagi menjadi dua sesi. 

Sesi pertama dibuka oleh Sekda Kota Pangkalpinang, Mie Go, S.T., M.Si. dan diikuti oleh peserta dari Kecamatan Rangkui, Taman Sari, Gabek dan Pangkalbalam. Lalu pada sesi kedua dibuka langsung oleh Pejabat (Pj.) Wali Kota Pangkalpinang, Dra. Lusje Anneke Tabalujan, M.Pd. yang diikuti oleh peserta dari Kecamatan Girimaya, Bukit Intan, dan Gerunggang.

Dalam sambutannya baik Pejabat (Pj.) Wali Kota maupun Sekda Kota Pangkalpinang sangat mendukung kegiatan ini sehingga Camat, Lurah dan RT-RT se-Kota Pangkalpinang dihadirkan sebagai langkah awal untuk menyukseskan kegiatan pendataan dan pemetaan bidang tanah Kota Pangkalpinang ini.

"Kami sangat mengapresiasi atas inisiasi kerjasama antara BPN Kota Pangkalpinang dengan Pemerintah Kota Pangkalpinang. Ini menjadi pilot projek yang sangat luar biasa dan sangat bermanfaat bagi kita. Kami sangat berterima kasih kepada BPN dan kami akan support sepenuhkan terkait apa yang menjadi kewenangan kami untuk membantu BPN dalam mewujudkan kota lengkap ini.” Ujar Pj. Wali Kota Pangkalpinang, Dra. Lusje Anneke Tabalujan, M.Pd.

Dalam paparan materi sosialisasi ini, Kepala Kantor Pertanahan Kota Pangkalpinang, Ali Ridlo, S.T., M.H. menyampaikan bahwa kegiatan pendataan dan pemetaan bidang tanah di seluruh kota Pangkalpinang oleh Ketua RT pada wilayah masing-masing, diharapkan dapat mendata dan memetakan secara lengkap di seluruh wilayah Kota Pangkalpinang. Sehingga terwujud Kota Pangkalpinang Lengkap secara spasial dan tekstual atau data potensi daerah dapat terpetakan sebagai landasan untuk berbagai kepentingan.

"Hasil pemetaan Kota Lengkap ini akan menjadi peta tunggal yang dapat dimanfaatkan oleh stakeholders terkait untuk kepentingan percepatan pelayanan kepada masyarakat, perencanaan pembangunan, percepatan RDTR, Smart City, yang diharapkan dapat meningkatkan investasi, percepatan pembangunan untuk kesejahteraan seluruh masyarakat Kota Pangkalpinang." Pungkas Kepala Kantor Pertanahan Kota Pangkalpinang, Ali Ridlo, S.T., M.H.

Disampaikan pula jadwal pelatihan teknis, pelaksanaan kegiatan pendataan dan pemetaan, kegiatan pengolahan data, hingga deklarasi kota lengkap yaitu berkisar dari bulan Mei hingga Oktober 2024. Dimana ini dinilai waktu yang cukup singkat sehingga diharapkan semua pihak yang terlibat dapat bersungguh-sungguh serta bekerja keras untuk mewujudkan pilot projek Kota Pangkalpinang Lengkap.

Sumber: Humas Kantor Pertanahan Kota Pangkalpinang

Previous Post Next Post