Koba, Babel (lensababel.com) - Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, menggelar pelatihan guna memperkuat pemasaran digital bagi produk yang dihasilkan para pelaku UMKM.

"Pelatihan yang kita gelar hari ini diikuti sebanyak 120 pelaku UMKM untuk meningkatkan kemampuan mereka dalam memasarkan produk secara digitalisasi," kata Asisten III Administrasi Umum Pemkab Bangka Tengah Ali Imron di Koba, Babel, Senin.

Ia menjelaskan pelatihan pemasaran digital dasar yang digelar Disperndagkop dan Diskominfosta juga dalam rangka mempersiapkan SDM yang unggul di era revolusi industri 4.0.

"Pelatihan pemasaran digital dasar mempelajari tentang dasar kewirausahaan dan pengenalan terhadap pemasaran digital dengan menjelaskan konsep, praktik, dan diskusi kelompok," ujarnya.

Ali mengatakan pelatihan ini dapat menambah soft skill dan juga mempersiapkan masyarakat untuk menghadapi tantangan global.

"Kita sudah memasuki zaman digital, artinya pelatihan seperti ini sangat penting untuk masyarakat," ujarnya.

Apalagi, kata Ali, masih banyak para pelaku UMKM belum begitu memanfaatkan ruang digitalisasi dalam memasarkan produk unggulannya.

Menurut dia, kewirausahaan sangat memerlukan pelatihan agar mampu mengembangkan usaha lebih luas tanpa terikat ruang dan waktu.

"Kalau kewirausahaan baik, tenaga kerja akan terserap, maka akan memberikan produk bermutu serta bisa membuat Bangka Tengah lebih baik lagi," ujarnya.

Menurut Ali, pemasaran produk secara digitalisasi sangat menjanjikan untuk bisa menjangkau pasar lebih luas dan dapat menambah pendapatan.

"Pemasaran digital ini kita tidak perlu menyediakan tempat, hanya perlu kreativitas dan ketekunan dalam memanfaatkan ruang digital itu sendiri," ujarnya.