Siswa Berkebutuhan Khusus Adu Hebat dalam Ajang LKS

 

 


 

Puluhan siswa Sekolah Luar Biasa (SLB) dari seluruh SLB di Bangka Belitung unjuk bakat dalam Lomba Keterampilan Siswa (LKS ) Peserta Didik Berkebutuhan Khusus (PDBK) yang berlangsung selama selama empat hari dari 27 sampai 30 Mei 2024.

Kegiatan ini diselenggarakan oleh Bidang Pendidikan Khusus Dinas Pendidikan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Ervawi, mengungkapkan melalui lomba keterampilan siswa ini diharapkan  kreativitas, bakat, dan potensi yang dimiliki siswa berkebutuhan khusus semakin berkembang.

“Dengan kegiatan LKS ini tentu kita berharap siswa berkebutuhan khusus dapat menunjukkan kemampuan yang dimilikinya. Melalui kegiatan lomba tentu mereka semakin terpacu untuk belajar, berkarya dengan potensi yang mereka miliki,” kata Ervawi di Hotel Grand Vella, Senin 27 Mei 2024.

Dikatakan Ervawi siswa berkebutuhan khusus memerlukan perlakukan secara khusus dan tidak bisa disamakan dengan siswa normal lainnya. Perlu waktu dan tenaga untuk membimbing mereka sehingga bisa berkarya dengan potensi yang mereka miliki.

“Terima kasih kepada para guru yang terus membimbing, mendidik anak-anak berkebutuhan khusus ini sehingga mereka bisa berkarya dan memberikan sumbangsih bagi masyarakat,” kata Ervawi.

Dia menambahkan, tanggung jawab untuk membangun sektor pendidikan, seperti biaya bukan hanya dibebankan kepada pemerintah, tapi juga oleh masyarakat atau perusahaan.

“Kontribusi perusahaan seperti perusahaan smelter yang ada di Babel kiranya juga bisa membantu pembiayaan dalam pengembangan SLB,” ujarnya.

Sementara itu Ketua Panitia, Tomi J Patria, mengungkapkan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk menyeleksi peserta LKS PDBK Tingkat Nasional. Selain itu lanjutnya, kegiatan ini juga sebagai wadah kreativitas dan inovasi siswa berkebutuhan khusus di bidang vokasi.

“Melalui LKS ini juga diharapkan dapat menumbuhkembangkan sikap sportivitas dan kompetitif siswa serta upaya mendorong peserta didik untuk menggali kearifan lokal dan menciptakan keterampilan yang mendunia,” ujar Tomi yang juga menjabat sebagai Plh. Kabid Pendidikan Khusus Dinas Pendidikan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Acara pembukaan selain dihadiri kepala bidang dan kepala cabang dinas pendidikan di wilayah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung juga dihadiri oleh perwakilan dari Bank Indonesia Babel.

LKS PDBK Tahun 2024 ini diikuti sebanyak 73 peserta yang berkompetisi pada sembilan  bidang lomba, yaitu  hantaran, kecantikan, kreasi barang bekas, kriya kayu, membatik, menjahit, merangkai bunga, tata boga, teknologi informasi.

Sumber: https://bangka.tribunnews.com/





 

Previous Post Next Post