Kloter Pertama Jemaah Haji Indonesia Dijadwalkan Akan Berangkat 12 Mei 2024


 Kementerian Agama (Kemenag) akan memberangkatkan kelompok terbang (kloter) pertama jemaah haji Indonesia musim haji 1445 Hijiryah/2024 Masehi pada Minggu (12/5/2024) akhir pekan ini. "Proses pembagian kloter dan penyusunan jadwal keberangkatan dan kepulangan jemaah sudah selesai. Kloter pertama akan mulai terbang pada 12 Mei 2024 ke Tanah Suci," kata Direktur Layanan Haji Dalam Negeri Saiful Mujab mengatakan dalam keterangan tertulis, Senin (5/5/2024).

Kloter pertama yang akan terbang ke Arab Saudi berasal dari embarkasi Jakarta-Pondok Gede, Jakarta-Bekasi, Solo, Surabaya, Batam, Palembang, Banjarmasin, Kertajati, Lombok, Makassar, dan Padang.

Secara total, ada 14 asrama haji embarkasi di seluruh Indonesia yang akan melayani pemberangkatan jamaah haji yakni embarkasi Aceh, Medan atau Kualanamu, Batam, Padang. Kemudian, Palembang, Jakarta Pondok Gede, Jakarta Saudia, Kertajati, Solo, Surabaya, Lombok, Balikpapan, Banjarmasin, dan Makassar atau Ujungpandang. "Keberangkatan jemaah haji Indonesia terbagi dalam dua gelombang. Pemberangkatan gelombang pertama dijadwalkan dari 12 - 23 Mei 2024. Untuk gelombang kedua, pemberangkatan jemaah akan berlangsung dari 24 Mei - 10 Juni 2024," ujar Saiful. Saiful juga menjelaskan, jamaah haji yang akan diterbangkan sesuai dengan jatah kuota yaitu 241.000 kuota haji.

Dari jumlah tersebut, terdapat 213.320 jamaah haji reguler, sedangkan sisanya 7.680 adalah jamaah haji khusus. Saiful mengimbau agar para jemaah menjaga kesehatan sebelum melaksanakan badah Haji. “Jelang keberangkatan, saya mengimbau jemaah haji Indonesia untuk menjaga kesehatan dan kebugaran, cukup istirahat serta tidak terlalu banyak beraktivitas,” kata dia.


Previous Post Next Post