Siaga Pemilu 2024, Bupati dan Forkopimda Keliling Pantau TPS di Kabupaten Bangka Tengah

 


 

Bupati Bangka Tengah Algafry Rahman beserta forum koordinasi pimpinan daerah (Forkopimda) memantau sejumlah tempat pemungutan suara (TPS) di Koba Bangka Tengah, pada Rabu (14/2/2024). Kegiatan pemantauan dimulai dari titik kumpul di rumah dinas Bupati Bangka Tengah, lalu rombongan menuju beberapa TPS di Bangka Tengah.

"Kami siaga, kami bersama forkopimda akan memantau langsung ke TPS, mungkin tak semua tapi kami akan keliling-keling sampai jam 12.00 WIB, kemudian istirahat lalu memantau perhitungan di sekitaran Koba," ujar Algafry. Dia mengatakan dalam pelaksanaan Pemilu 2024, pemerintah daerah mendukung KPU dan Bawaslu serta stakeholder terkait.

"Kami tetap mendukung KPU dan Bawaslu Bangka Tengah untuk melaksanakan pesta demokrasi ini diantaranya kami melalui Kesbangpol juga memantau kegiatan ini," katanya. Dia menyakini Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) Pemilu 2024 di Bangka Tengah akan bekerja profesional. "Saya InsyaAllah yakin KPPS siap dan ini sudah berjalan baik dan lancar, saya hormati apa pun keputusan yang didapat dari penyelenggara KPPS karena mereka sudah diambil sumpah dan janjinya dalam pelaksanaan ini," katanya.

Sebelumnya diberitakan, Sebanyak 286 personil Polres diterjunkan dalam rangka mengamankan pemilihan umum (Pemilu) 2024 di 548 tempat pemungutan suara (TPS) wilayah Bangka Tengah. Pola pengamanan TPS Pemilu menggunakan konsep body sistem sesuai arahan dari pusat. "Untuk pemungutan suara di TPS sesuai dengan arahan dan petunjuk dari Mabes Polri adalah dengan body sistem, jadi tidak ada anggota di TPS itu sendirian, mereka berdua melaksanakan pengamanan untuk dua atau tiga TPS yang dianggap kurang rawan atau pun dua orang dalam satu TPS kalau dianggap rawan," ujar Kapolres Bangka Tengah, AKBP Dwi Budi Murtiono, Rabu (14/2/2024).

Dalam hal pengamanan Pemilu 2024, Polres Bangka Tengah mendapatkan bantuan jumlah personil dari Polda Bangka Belitung. "Kemarin  diterjukan BKO dari Polda sebanyak 60 orang untuk memback up tugas rutin di wilayah Bangka Tengah karena sebagian besar personil di Polsek dan Polres melaksanakan pengamanan di TPS," katanya. Personil bantuan ini akan melakukan tugas rutin di berbagai polsek di kecamatan di Bangka Tengah.

"Sehingga back up tugas rutin penjagaan dan patroli dibantu oleh Polda, Brimob dan Samapta. Nanti kita bagi juga untuk samapta ke Polsek dan Polres untuk antisipasi hal-hal yang tak diinginkan," katanya. Polres Bangka Tengah juga melakukan koordinasi dan sinergi dengan TNI guna menyukseskan Pemilu 2024.

"Selain itu kita koordinasi dengan TNI bila nanti perlu bantuan tambahan kita sudah koordinasi, pelaporan secara berjenjang hal tersebut apa bila diperlukan," katanya.



 

Previous Post Next Post