Perumdam Tirta Sejiran Setason Kini Memproduksi Air Mineral Kemasan Sumber Air dari Bukit Menumbing

 


Perumdam Tirta Sejiran Setason Kabupaten Bangka Barat kini sudah memproduksi air minum kemasan botol ukuran 330 mililiter. General Manager Air Minum Tirta Menumbing M. Husainiy, mengatakan air kemasan yang di produksi oleh perusahaan daerah Kabupaten Bangka Barat ini bermerek Tirta Menumbing. Sedangkan asal atau sumber air baku untuk memproduksinya langsung dari Bukit Menumbing.

"Kami mulai produksi dan menjual air minum Tirta Menumbing dilauching Juni 2023, sampai Desember akhir tahun lalu. Mengalami peningkatakn produksi dan penjualan," kata Husainiy. Dikatakannya, pada di awal produksi Juni 2023 pihaknya memasarkan sekitar 137 dus, hingga akhir Desember 2023 berhasil memasarkan 480 dus air mineral.

Harga per dus Rp38 ribu apabila beli langsung di kantor Perumdam, dan Rp36 ribu apabila beli di toko. Harga itu dikatakan Husainiy lebih murah dari produk mineral lain dengan rata-rata harga Rp 45-48 ribu. "Jadi rata- rata pemasaran sekitar 494 dus per bulan. Sekarang produksi per hari 40 sampai 60 dus, di pasarkan di daerah Kecamatan Mentok. Instansi pemerintah juga mengkonsumsi air minum itu," katanya.

Husainiy, mengatakan kualitas air minum Tirta Menumbing tak kalah dengan air minum lainnya.  Secara berjenjang, kualitas air selalu dijaga oleh pihak perusahaan air minum ini. "Untuk kualitas kita uji rutin, menjaga kualitasnya. Rencana pada 2024 ini, kami akan produksi kemasan cup ukuran 220 ml, sesuai arahan bupati,"ujarnya.

Perumdam Tirta Sejiran Setason Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, berhasil meraih predikat peringkat satu Nasional.Untuk kriteria kelompok jumlah pelanggan kurang dari sama dengan 10.000 SL dan sekaligus merupakan peringkat kinerja tertinggi di wilayah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dengan kriteria tersebut.

Perumdam Tirta Sejiran Setason dikategorikan sebagai BUMD Air Minum Sehat dari 65,39 persen, BUMD Air Minum Sehat seluruh Indonesia. Dengan indikator penilaian dari aspek keuangan, pelayanan, operasioanal dan Sumber Daya Manusia. "Itu berdasarkan hasil evaluasi kinerja tahun 2023 dari Kementarian PUPR kolaborasi dengan BPKP yang hasilnya diumumkan dalam buku kinerja BUMD Air Minum," kata Direktur Perumdam Tirta Sejiran Setason, Kabupaten Bangka Barat, Najamuddin.

Ia menambahkan, BUMD Air Minum, menjadi bagian dari pemerintah daerah yang diharapkan mampu berperan dalam mendorong pertumbuhan ekonomi. "Tentunya dengan pencapaian ini, dapat mendorong pembangunan daerah dan memberikan layanan air minum, dengan tujuan mempercepat pemenuhan kebutuhan rakyat, sehingga tercipta masyarakat sehat, sejahtera, adil dan makmur," kata Najamuddin.

Dalam menjalankan tugasnya, dikatakan Najamuddin, Perumdam Tirta Sejiran Setason, dikelola secara profesional dengan sistem manajemen efektif dan efisien serta memperhatikan praktik tata kelola yang baik. "Dalam rangka mencapai tujuan tersebut, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, melakukan fungsi evaluasi dan pelaporan bidang pengembangan SPAM dan menyusun Buku Kinerja BUMD Air Minum berkolaborasi dengan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan," katanya.





 

Previous Post Next Post