Amankan Pergeseran Logistik Pemilu, Polres Kab. Bangka Selatan Cek Gudang PPK

Pascapemungutan suara Pemilu 2024 pada 14 Februari lalu, sejumlah gudang logistik pemilihan umum (Pemilu) serentak 2024 di beberapa kecamatan di Kabupaten Bangka Selatan, Kepulauan Bangka Belitung dilakukan pengecekan.Pengecekan tersebut guna memastikan pelaksanaan pemilu dan proses pleno serta rekapitulasi tingkat kecamatan berjalan lancar. Sehingga berlangsungnya proses demokrasi yang jujur, adil dan transparan.

Kapolres Bangka Selatan, AKBP Trihanto Nugroho mengatakan, kegiatan ini merupakan pengecekan gudang Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) yang sedang menerima kotak hasil pasca pemungutan suara dari setiap Tempat Pemungutan Suara (TPS). Pengecekan ini juga dilakukan untuk memastikan bahwa semua logistik Pemilu yang di terima dari PPS dalam keadaan lengkap dan dalam kondisi yang baik.

“Kegiatan ini sekaligus memonitoring dan koordinasi terkait adanya permasalahan atau tidak pada PPK tersebut,” kata dia, Sabtu (17/8/2024). Menurut Trihanto Nugroho, upaya ini juga sebagai peningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap Polri. Supaya terciptanya proses demokrasi yang aman dan kondusif di tengah-tengah masyarakat. Sekaligus bentuk kepedulian dan kontribusi nyata Polri dalam menjaga dan menyukseskan Pemilu 2024.

Pihak kepolisian juga melakukan pengawalan melekat di gudang logistik tersebut dan menggelar patroli rutin di lokasi penyimpanan. Pihaknya ingin memberikan rasa aman dan nyaman kepada penyelenggara pemilu serta menjamin suara yang telah diberikan oleh masyarakat atas pilihan mereka di TPS beberapa hari lalu. Dalam pengecekan dan monitoring tersebut dipastikan bahwa sistem pengamanan dilakukan dengan baik. Utamanya sesuai standar operasional prosedur (SOP) dan dilakukan bersama unsur terkait seperti dari TNI, Satpol PP, linmas maupun unsur penyelenggara pemilu.

“Dengan melihat langsung keberadaan personel pengamanan, diharapkan keamanan yang dilakukan di gedung PPK dapat berjalan dengan baik. Serta memberikan jaminan kepada masyarakat dapat merasa tenang atas apa yang telah mereka lakukan dengan suara mereka di TPS,” jelas Trihanto Nugroho. Di samping itu lanjut dia, kegiatan ini juga sekaligus memberikan arahan dan semangat kepada personil pengamanan.


Pentingnya personel bekerja dengan profesional, sembari menjaga kesehatan dan berikan pelayanan terbaik kepada masyarakat. Tak hanya itu, bidang kedokteran dan kesehatan (Dokkes) Polres Bangka Selatan juga rutin melakukan pengecekan kesehatan. Pelayanan kesehatan ini tidak hanya diberikan kepada petugas Kepolisian yang bertugas di PPS, PPK dan gudang-gudang penyimpanan logistik Pemilu. Pemantauan dilakukan untuk mengantisipasi petugas pemilu yang mengalami gangguan kesehatan atau sakit. Dengan begitu, ketika ada yang mengalami keluhan, bisa segera ditangani. Baik dengan pemeriksaan kesehatan secara intensif.

“Diharapkan peristiwa seperti Pemilu 2019, di mana banyak anggota PPS dan KPPS yang meninggal dunia, tidak terulang kembali,” ucapnya. Kendari begitu kata Trihanto Nugroho, pihaknya juga akan melakukan koordinasi dengan pihak terkait seperti PPK serta instansi terkait lainnya untuk memastikan keselamatan dan keamanan pemungutan suara. Dari hasil pengecekan, pelaksanaan tugas pengamanan sudah berjalan dengan baik. Sehingga wilayah yang dekat dengan Polres harus lebih baik.

“Kesiapan personel pengamanan ini untuk mempertebal keamanan gudang logistik di tingkat PPK pasca tahap pungut dan hitung suara yang disimpan di PPK,” pungkas Trihanto Nugroho.





Previous Post Next Post