Harga Jual Ikan di Pasar Pangkalpinang Stabil, Cumi dan Kepiting Cenderung Masih Tinggi

Harga jual komoditas ikan di Pasar Pangkalpinang terpantau stabil atau turun sejak Desember 2023 kemarin. Meski harga ikan stabil, namun harga jual cumi dan kepiting terpantau masih tinggi. Akan tetapi jika dibandingkan pada periode November kemarin harga jual cumi terjadi penurunan. Pantauan Bangkapos.com, Senin (22/1/2024) harga jual cumi masih dikisaran Rp75 Ribu perkilo gram.Sedangkan untuk Kepiting dikisaran Rp80 hingga 100 ribu perkili tergantung jenis dan ukuran.

Sementara untuk harga jual ikan seperti jenis ikan Kapau stabil dikisaran Rp45 ribu perkilogram, ikan Ciw mata besar Rp40 ribu perkilogram, ikan tenggiri Rp75 ribu perkilo dan jenis lainnya terpantau normal. "Untuk harga jual ikan masih normal dari Desember kemarin. Hanya saja yang masih tinggi ini harga cumi dan kepiting tapi tetap sudah ada penurunan kalau dibandingkan harga Desember kemarin. kita pun kadang cuma ambil stok sedikit karena daya beli sepi," ungkap Pedagang Ikan di Pasar Air Itam Pangkalpinang.

Diakuinya, penyebab kenaikan harga ikan ini kerap dipengaruhi karena faktor cuaca seperti bulan terang. Meski harga ikan turun, Ali menyebut penjualan saat ini justru menurun, yang mana dalam satu ikan yang terjual hanya dikisaran 50 kilogram. "Sekarang justru sepi pembeli, biasnaya penjulan kita bisa dikisran 100 kilo ini hanya 50 kiloan. Kita pun kaya cumi ini justru tidak ambil karena mikir takut gak abis terjual lalau ambil pun mentoknya di kisaran 10 kilo," tuturnya.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik  Bangka Belitung turunnya harga ikan saat ini justru berdampak baik. Dimana tercatat sesecara bulanan atau month to month (m-to-m) Bangka Belitung alami deflasi sebesar 0,04 persen. Andil deflasi m-to-m pada akhir tahun ini disumbang komoditas ikan kerisi, ikan selar, ikan bulat, termasuk cumi-cumi.

Berikut Daftar Harga Jual Ikan di Pasar Pangkalpinang

- Ikan Kapau Rp45 ribu


- Ikan Bulet Rp45 ribu


- Ikan Cantik Manis Rp40 ribu


- Ikan Tenggiri Rp75 ribu


- Ikan Ciw mata besar Rp40 ribu


- Ikan Singkur Rp35 ribu


- Udang Rp70 ribu


- Ikan Tenggiri Rp75 ribu


- Cumi Rp75



Previous Post Next Post